Jumat, 06 Desember 2013

MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG

MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG :
  •         MINUM TEH HITAM
Dalam mencegah serangan jantung, tak ada yang lebih baik dari teh hitam. Kandungan antioksidan teh hitam membuat pembuluh – pembuluh arteri 11 % lebih lebar dan mencegah pembentukan gumpalan darah yang berbahaya, begitu menurut para ahli. Hanya dengan minum 3 cangkir teh sehari dapat mengurangi resiko sampai sebanyak 60 %. Syarat untuk mendapatkan khasiat ini jika menggunakan teh celup adalah : celup – celupkan kantong teh ke atas dan bawah sambil menyeduhnya. Para ahli menemukan, terus menerus mencelup kantong teh selama 3 menit membuat teh melepaskan antioksidan yang sehat untuk jantung 5 kali lebih banyak.
  •          TIDUR
Perempuan yang tidur kurang dari 5 jam semalam mempunyai resiko penyakit jantung yang 82 % lebih besar. Mereka yang tidur 6 jam mempunyai resiko yang 30 % lebih tinggi. Untuk melindungi jantung anda, tidur 7 sampai 8 jam per malam. Tapi hindari tidur lebih dari itu. Perempuan yang biasa tidur 9 jam atau lebih mempunyai inseden penyakit jantung yang 37% lebih tinggi.

  •          MINUM 5 GELAS AIR PUTIH SEHARI
Perempuan yang minum 5 gelas air putih atau lebih dalam sehari, berkemungkinan lebih kecil 54 % mendapat serangan jantung. Efektifitasnya sama seperti olahraga, diet sehat, dan bahkan obat resep untuk mencegah penyakit jantung koroner. Menurut para periset, air diabsorp ke dalam arteri, lalu mengencerkan darah, dan secara dramatic mengurangi resiko serangan jantung yang dipicu gumpalan darah.
MENCEGAH DIABETES DENGAN :
  •          MAKAN SEGENGGAM PENUH KACANG – NUT
Studi riset menemukan, perempuan yang makan hanya 1 ons kacang – nut jenis apa saja, atau selai kacang tanah 5 kali seminggu, mengalami penurunan resiko diabetes sampai 27 %. Para ahli belum menemukan apa persisnya yang membuat kacang berkhasiat. Diduga  perempuan yang mendapatkan protein dan lemak dari kacang – kacangan – nut, berkemungkinan lebih kecil makan lemak atau protein dari sumber yang kurang sehat.
  •           MAKAN ROTI GANDUM
Para periset menemukan, orang – orang yang makan 3 porsi roti gandum sehari berkemungkinan lebih kecil  42 % mendapat diabetes, kendatipun mereka kelebihan berat badan, factor resiko utama untuk penyakit ini. Padi – padian utuh mengandung serat – serat bran yang tidak dimiliki padi – padian yang sudah dihaluskan, yang memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah, mengurangi lonjakan insulin berbahaya penyebab diabetes yang terjadi sesudah makan. Selain itu, padi – padian utuh juga mengandung lebih banyak magnesium di banding padi – padian yang dihaluskan, yang juga meningkatkan respons insulin. Bagaimana dengan 3 porsi? Kedengarannya terlalu banyak? Tidak juga. Makan semangkok havermut saat sarapan pagi. Sandwich roti gandum untuk makan siang sudah memadai.
  •           MINUM ANGGUR MERAH
Semula, anggur merah – red wine – dikatakan dapat mencegah penyakit jantung. Kini para ilmuwan di USDA mengatakan, semua jenis alkhohol  dapat mencegah diabetes. Pada perempuan yang minum 2 gelas sehari selama 8 minggu, kadar insulin turun sampai 20 %. Sensitivitas insulin mereka meningkat sampai lebih dari 7%. Keduanya sangat bermanfaat untuk mencegah diabetes. Sampai saat ini para ahli belum menemukan bagaimana cara kerjanya. Yang diketahui secara pasti adalah khasiatnya jika hanya minum 2 gelas saja. Lebih dari itu, anda justru membuat diri anda beresiko lebih besar mengembangkan kondisi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar