Minggu, 01 Desember 2013

Penanganan komedo dan jerawat yang benar

  1. dengan meremas dengan ujung jari, atauKomedo ekstraktor untuk mengeluarkan isi jerawat
  2. menggunakan ekstraktor komedo (sering disebut “komedo extractor”)
Menghilangkan komedo dan jerawat bisa anda lakukan sendiri asalkan dengan prosedur yang benar. Dan perhatikanlah kebersihan tangan dan alatnya. Namun meremas komedo atau jerawat dengan jari, jika tidak dilakukan dengan benar, maka dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan sekitarnya. Kerusakan jaringan ini disebut dengan peradangan. Efek lainnya adalah bisa menimbulkan jaringan parut. Sehingga anda harus mengikuti prosedur membuang komedo dan jerawat yang benar.
Demikian juga bila hendak membuangnya di salon atau klinik perawatan, maka estetisian harus memakai sarung tangan yang steril.
Beberapa ahli kecantikan menyarankan menggunakan ujung jari yang dilapisi dengan kain katun, atau kain wol yang direndam di dalam larutan alkohol berkadar rendah.

Cara membuang komedo jenis terbuka (blackhead):

Cara membuang komedo jenis terbuka, adalah dengan melakukan tekanan vertikal secara lembut pada daerah sekeliling komedo. Tekanan yang dilakukan harus mendorong isinya keluar ke permukaan kulit. Jika tidak ada isinya yang keluar, jari-jari harus dipindahkan sedikit ke lokasi yang berbeda di sekitar komedo, dan prosedurnya kemudian diulang kembali. Jika lemak dari komedo mulai muncul ke permukaan, tekanlah secara perlahan di beberapa tempat (dengan menggunakan dua jari berlawanan). Dilakukan hingga semua isi bisa dikeluarkan, atau setelah terjadi sedikit pendarahan. Pakailah kain katun atau wol yang bertekstur lembut untuk membersihkannya. Kemudian daerah ini dibersihkan lagi dengan larutan antiseptik.
Cara menghilangkan komedo terbuka
Cara membuang komedo terbuka

Cara membuang komedo jenis tertutup (whitehead):

Jika mengalami kesulitan ketika membuang komedo jenis tertutup, maka komedo harus ditusuk dengan lembut di bagian tengahnya dengan jarum steril. Setelah itu, isi dari komedo dikeluarkan dengan prosedur yang telah dijelaskan pada cara membuang komedo jenis terbuka.
Cara menghilangkan komedo tertutup
Cara membuang komedo tertutup

Cara membuang jerawat jenis pustule:

Cara membuang jerawat jenis pustula kecil adalah sebagai berikut.
Isi pustula kecil (hingga diameter 3mm), dibuang dengan menusuknya di bagian pusat. Setelah itu, isinya dikeluarkan seperti prosedur membuang komedo jenis terbuka. Untuk pengobatan pustula besar, atau bila ada lebih dari empat atau lima pustula, pasien harus dirujuk ke dokter untuk penangan yang lebih tepat.
Di sisi lain, nodul atau kista tidak boleh ditusuk atau diekstrak. Prosedur ini harus dilakukan oleh dokter kulit.
Cara menghilangkan komedo dan jerawat pustula
Cara menghilangkan pustula

Jerawat meradang, dan papula merah:

Jenis ini tidak boleh disentuh, diekstrak, atau tertusuk. Jika tertusuk, maka hanya akan mengeluarkan darah tanpa mengeluarkan isi dari folikel. Meraba-raba papula meradang hanya akan mengakibatkan kerusakan jaringan yang tidak perlu. Nantinya dapat berkembang menjadi luka yang berbekas. Cara membuang jerawat jenis ini harus menggunakan prosedur medis. Yaitu dengan terlebih dahulu memakai retinol atau asam retinoat, supaya bisa dilonggarkan dan dilembutkan.

Selanjutnya adalah pembersihan

Setelah langkah membuang komedo dan jerawat di atas, maka selanjutnya daerah yang sudah diekstrak harus dibersihkan dengan menggunakan alkohol atau larutan antiseptik lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar